Thursday, 19 July 2012

:: Tips Segar Sepanjang Ramadhan


Salam Ramadhan buat para sahabat.. Alhamdulillah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam kini bakal tiba. Moga kita semua dapat memanfaatkan bulan indah dan mulia ini sebaik-baiknya.

Moga dikurniakan kesihatan yang baik agar kita dapat melipat gandakan  amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini. InsyaAllah.. Di sini aku kongsikan tips yang kubaca di laman Kompasiana. Kurasakan begitu efektif untuk memelihara kesegaran kita sepanjang menjalani ibadah puasa.



  • Pertama-tama, niat yang kuat untuk beribadah puasa karena Allah Subhanahuwata’ala, karena usaha untuk menahan lapar dan haus serta menjaga hati dan pikiran adalah sebentuk jihad, sehingga secara psikologis, pikiran dan tubuh akan siap untuk menjalankan ibadah tersebut ^_^

  • Mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh beberapa hari sebelum bulan puasa tiba, khususnya bagi yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman jenis ini hingga 3 kali sehari (pagi, siang dan sore), karena apabila kebiasaan ini terhenti secara tiba-tiba dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman atau pusing.

  • Usahakan selalu sahur dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai Glycemic Indeks* (GI) rendah misalnya gandum dan kedelai, dan makanan yang berserat tinggi misalnya sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli, buah-buahan misalnya kurma dan pir, karena makanan tersebut dapat bertahan lama di dalam sistem pencernaan sehingga dapat memperlama rasa kenyang.

  • Memperhatikan prinsip-prinsip Kombinasi Makanan Sehat  (Healthy FoodCombining) untuk sahur. Masing-masing jenis makanan dicerna oleh enzim yang berbeda-beda, misalnya daging kambing berbeda enzim yang menguraikannya dengan enzim yang menguraikan cumi-cumi. Apabila jenis makanan yang dikonsumsi dalam satu waktu terlalu banyak akan mengganggu sistem pencernaan. Kombinasi yang baik misalnya nasi, ikan, sayur-sayuran dan ditutup dengan buah-buahan. Hindari mengkonsumsi jenis daging yang berbeda dalam satu waktu, misalnya daging sapi dengan udang, demikian juga dengan sumber protein yang berbeda, seperti daging dengan telur.

  • Hindari makanan-makanan yang terlalu pedas selama sahur, karena makanan pedas dapat meningkatkan suhu sistem pencernaan sehingga proses metabolisme makanan relatif lebih cepat.

  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman es saat sahur, karena jelas akan mengganggu keseimbangan suhu proses metabolisme dalam sistem pencernaan.

  • Hindari minuman-minuman yang berkadar gula tinggi selama sahur, seperti sirup dan minuman-minuman tertentu. Sebaiknya mengkonsumsi susu segar minimal segelas, dan air putih/air mineral yang relatif banyak misalnya 2 atau 3 gelas setelah sahur.

  • Menurunkan intensitas dan durasi kebiasaan olahraga di pagi hari dan sore hari, misalnya yang biasanya suka berlari kencang, menjadi berjalan, atau yang biasanya berolahraga selama satu jam menjadi setengah jam.

  • Selama berpuasa usahakan untuk menghindari terpaan sinar matahari langsung, untuk mengurangi dehidrasi.

  • Dalam ruangan dengan Air Conditioner (AC), kadar air dalam udara relatif lebih rendah sehingga meningkatkat kehilangan kadar air tubuh (dehidrasi) melalui sistem pernafasan dan kulit. Sebaiknya selama berpuasa mengatur suhu AC yang tidak terlalu berbeda dengan suhu badan, misalnya 26-28°C dan menurunkan kecepatan kipas untuk menurunkan efek dehidrasi oleh AC.

  • Perhatikan jarak waktu setelah sahur dengan mandi, sebaiknya dua jam setelah sahur, karena tubuh masih “sibuk” dan panas karena aktivitas metabolisme tubuh meningkat setelah makan. Demikian juga dengan jarak olahraga.

  • Mengkonsumsi tablet atau minuman multivitamin setelah sahur dan setelah buka puasa, apabila benar-benar dibutuhkan.
Catatan:

Glycemic Indeks (GI) adalah nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diubah menjadi glukosa dan memasuki sistem peredaran darah, atau indikator seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat menaikkan kadar gula darah dalam dua jam. Semakin tinggi nilai indeks berarti semakin tinggi kecepatan karbohidrat diubah menjadi glukosa.


Berguna bukan? Selamat berpuasa, semoga amal ibadah kita diredhaiNya. Amin..

6 comments:

kad kahwin murah said...

insyallah semoga puasa kita dirahmati dan dipermudahkan..aminn

Ariff Budiman said...

Salam Nadine
Selamat berblogging kembali. Lama menyepikan diri. Selamat menyambut Ramadhan Al-Mubarak

nadinezuharra said...

: ) terima kasih.. pasang surut rindu tu yang kembali ke dunia blogging ni.. hehe
selamat berpuasa jg buat sdr Ariff Budiman & keluarga..jgn lupa kongsikn pengalaman Ramadhan di blog nnti ye

jimmy al ghazali indra said...

semoga keberkahan kita dapatkan di ramadhan ini, amin

nadinezuharra said...

Salam persahabatan jimmy al ghazali indra.. bagus sekali blog Persahabatan Indahnya.. : )

jimmy al ghazali indra said...

terimakasih sudah mau berkunjung :)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails